~ read.

Apa itu Data Science

Data Science Apa itu data sains (data science)?

Data Sains (data science) adalah ekstrasi/penggalian pengetahuan dari data. Kata kuncinya ‘sains’, yang maknanya adalah mengekstrak/menggali pengetahuan tentang data dan menghasilkan produk data.

Proses ekstraksi/penggalian ini menerapkan teknik dan teori-teori yang diambil dari berbagai bidang seperti matematika, statistik, dan teknologi informasi, termasuk diantaranya teknik pemrosesan sinyal, model probabilitas, machine learning, statistical learning, pemrograman komputer, rekayasa data, pattern recognition dan learning model, data visualization, uncertainty modeling, data warehouse, dan high performance computing.

Praktisi data science dikenal sebagai ahli data sains (data scientist). Mengutip Josh Wills, data scientist adalah seorang software engineer yang memilliki pengetahuan tentang statistik dan juga sekaligus statisti yang memiliki pengetahuan lebih tentang pengembangan perangkat lunak software engineer dibandingkan dengan teman seprofesinya.

Blog ini didedikasikan bagi teman-teman yang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai data science dan topik-topik terkait lainnya seperti big data, machine learning, business analytics, business intelligence, internet of things (IoT), data mining, data warehouse, data visualization bahasa pemrograman seperti CSS, d3.js, HTML 5, Javascript, Python, R, atau perangkat lunak seperti Hadoop, Mongo DB, SAS, Tableau, Qlikview, dll, dengan beberapa contoh kasus sederhana berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya dan rekan-rekan lain selama mempelajari topik ini.

Blog ini juga terbuka bagi teman-teman yang ingin menyumbangkan pengalaman dan pengetahuannya di bidang data mining, big data, dan machine learning (data science).

comments powered by Disqus